Manfaat Penelitian

Dalam naskah laporan penelitian (termasuk Skripsi), manfaat penelitian merupakan salah satu sub bab (dalam bab pertama) yang sering dianggap sebagai pelengkap atau asesoris saja. Seringkali, sub bab ini disusun sekedarnya saja yang penting ada. Indikasinya terlihat dari eksrepsi kalimat yang sangat abstrak (normatif)  dan bersifat umum (berlaku untuk semua penelitian). Berikut adalah contoh kalimatnya:

  1. Penelitian akan memberikan sumbangan pemikiran untuk kemajuan ilmu pengetahuan
  2. Penelitan akan memberikan wawasan bagi pengembangan kajian serupa di masa yang akan datang
  3. Penelitian akan mendorong kinerja perusahaan sehingga akan menarik minat investor untuk membeli saham perusahaan.

Kalimat-kalimat seperti tersebut dikatakan bersifat abstrak (normatif) karena kalimat tersebut menjadi tidak terukur. Kalimat-kalimat tersebut dikatakan bersifat umum karena pada dasarnya redaksi kalimat tersebut dapat dipindahkan dan diletakkan pada penelitian yang lain.

Lalu bagaimana Manfaat Penelitian disusun ?

Untuk menghindari pola kalimat yang abstrak (normatif) dan bersifat umum pada manfaat penelitian, penyusunannya  dapat dikembangkan berdasarkan pada output penelitian yang akan diperoleh melalui penelitian yang akan dilakukan. Output penelitian ini dapat diprediksi dari tujuan penelitian atau jawaban dari pertanyaan penelitian (rumusan masalah). Manfaat penelitian yang diorientasikan pada output penelitian akan bersifat realistis (tidak muluk-muluk). Misalnya, jika output penelitian adalah identifikasi kluster agroindustri, maka manfaatnya antara lain adalah untuk memberikan gambaran tentang ciri-ciri dari kluster yang dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan pembinaan terhadap bisnis dalam agroindustri kepada pembuat kebijakan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa manfaat penelitian sebaiknya merupakan immediate benefit (manfaat segera) dari output penelitian dan bukan merupakan indirect impact (dampak tidak langsung) dari output penelitian. Redaksional manfaat penelitian pada paragraf diatas bersifat immediate benefit. Redaksi tersebut akan menjadi indirect impact jika  dinyatakan sebagai “sebagai masukan bagi pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita”. Jika dikait-kaitkan atau dihubung-hubungkan, bisa saja indirect impact ini adalah manfaat penelitian. Namun, redaksinya akan bersifat normatif karena pernyataan tersebut bisa benar untuk konteks topik penelitian yang lain.

Bagaimana mengukur bahwa pernyataan manfaat penelitian tidak bersifat normatif dan umum ?

Sebenarnya tidak ada cara khusus (spesifik) untuk menyusun peryataan manfaat penelitian yang tidak bersifat normatif dan umum. Tetapi, penilaian dapat dilakukan dengan melihat (a) apakah pernyataan tersebut bisa dipindahkan (direplikasi) pada topik penelitian lain tanpa ada modifikasi dan (b) apakah pernyataan itu terukur ketercapaiannya.

Jika kembali lagi pada contoh kalimat pertama pada bagian awal tulisan ini, pernyataan ini dapat dinilai sebagai pernyataan yang normatif karena kalimat ini dapat semacam ini bisa cocok untuk topik penelitian yang lainnya (karena pada dasarnya suatu penelitian, apapun topiknya, idealnya diarahkan untuk memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan). Selain itu, pernyataan tersebut dapat dikatakan tidak terukur karena derajat sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan menjadi sangat relatif dan tidak jelas.

Semoga tulisan ini memperjelas dan menjernihkan pikiran dan pandangan terhadap tema manfaat penelitian.

2 responses to this post.

  1. Posted by epifani on Februari 8, 2011 at 2:29 pm

    akan saya coba pakkk,,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: