Impas

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengenal istilah “impas” digunakan. Secara umum, “impas” dapat dimaknai sebagai apa yang dikorbankan sama dengan apa yang didapatkan. Dalam konteks bisnis, “impas” dimaknai kondisi tidak untung dan tidak rugi. Bagaimana “impas” ditentukan?Dalam perhitungan bisnis, kondisi impas akan terjadi jika total penerimaan/penjualan (TP) sama dengan total biaya (TB). TP adalah jumlah (kuantitas) barang yang dijual dikalikan (Q) dengan harga jual per unit barang (P). Misalnya, suatu perusahaan mampu menjual 1.000 unit barang pada harga Rp100 per unit. TP untuk perusahaan ini adalah Rp100.000 (= 1.000 * Rp100).

TB merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dan menjual barang. TB dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu total biaya variabel (TBV) dan biaya tetap (BT). Biaya variabel adalah biaya yang bervariasi (berubah-ubah) mengikuti volume kegiatan. Misalnya, biaya (yang dikeluarkan untuk) bahan baku adalah biaya variabel karena semakin besar volume produksi (kegiatan) semakin besar pula total biaya yang dikeluarkan, dan sebaliknya. Biaya tetap adalah biaya yang tidak terpengaruh oleh volume kegiatan. Dengan kata lain, biaya ini bersifat tetap berapapun tingkat volume kegiatan. Misalnya, gaji karyawan bagian administrasi umum bersifat tetap setiap bulan, tidak peduli berapa volume produksi (kegiatan) pada bulan tersebut.

Berdasarkan kondisi titik impas, kita dapat menyatakan bahwa:

TB = TP

TBV + BT = TP

BV * Q  + BT = P * Q

(P * Q) – (BV * Q) = BT

Q ( P – BV) = BT

Q = BT / ( P – BV)

Formula tersebut menyatakan bahwa kondisi impas akan terjadi pada tingkat Q dimana Q tergantung pada tiga hal, yaitu Biaya Tetap, Harga Jual per unit, dan Biaya Variabel per unit.

Ada pendapat lain ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: