Apakah beban = biaya ?

Pemaknaan kedua istilah atau kata tersebut dalam jargon akuntansi tidaklah sama persis. Kedua istilah mempunyai persamaan dan perbedaan yang tegas. Dari sisi persamaannya, keduanya adalah pengeluaran atau pembayaran yang dilakukan oleh suatu entitas bisnis. Baik beban maupun biaya adalah arus kas keluar (cash outflow). Namun, keduanya mempunyai perbedaan yang tegas dan spesifik sehingga penggunaan istilah tersebut tidak boleh rancu.Secara definisi, biaya adalah pengeluaran yang harus ditanggung oleh entitas bisnis tetapi pengeluaran ini bisa diklaim balik. Jenis pengeluaran ini adalah pengeluaran yang terkait dengan proses produksi/operasi, yang umumnya dikenal sebagai biaya produksi. Segala pengeluaran yang dikategorikan biaya produksi, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik, dapat diklaim balik setelah output atau produk yang dihasilkan terjual. Misalnya, suatu perusahaan mebel membeli kayu untuk diproduk menjadi meja dan kursi. Asumsikan bahwa kayu ini langsung diproses, pengeluaran untuk pembelian bahan baku kayu tersebut adalah biaya bahan baku. Pengeluaran ini akan diklaim balik ketika produk meja/kursi yang dihasilkan oleh perusahaan ini terjual.

Beban adalah pengeluaran yang harus ditanggung oleh entitas bisnis karena entitas tersebut telah mengkonsumsi sumber daya tertentu pada periode berjalan. Pengeluaran ini tidak dapat diklaim balik. Sebagai contoh adalah pengeluaran untuk membayar tagihan telepon perusahaan mebel. Pengeluaran ini dinamakan dengan beban telepon yang tidak bisa diklaim balik. Beban telepon ini dibayarkan karena perusahaan tersebut telah mengkonsumsi sumber daya telepon.

Dalam praktek penggunaan kedua istilah, kerancuan tidak boleh terjadi karena menurut definisinya keduanya berbeda. Dalam konteks contoh pada dua paragraf diatas, seseorang tidak bisa mengganti istilah “biaya produksi”  dengan “beban produksi”. Dan sebaliknya, istilah “beban telepon” tidak dapat diganti dengan “biaya telepon”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: