Mengenali Risiko Keuangan

Risiko Keuangan (Financial Risk) berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pendanaan tetap (fixed financing cost). Kewajiban pendanaan tetap adalah pembayaran oleh perusahaan berkaitan dengan penggunaan sumber modal yang berbiaya modal tetap, yakni hutang. Perusahaan yang memenuhi kebutuhan pendanaannya dari sumber hutang, ia wajib untuk membayarkan bunga pinjaman, sebagai biaya modal hutang, yang jumlahnya tertentu setiap periodenya. Dalam laporan laba rugi perusahaan, bunga pinjaman ini dicatat sebagai beban bunga.

Secara matematis, besarnya beban bunga bersifat fixed (tetap) karena tidak bergantung pada banyaknya keuntungan yang diperoleh. Tidak peduli apakah perusahaan mempunyai keuntungan, baik besar maupun kecil, atau menanggung kerugian, beban bunga ini bersifat “fixed” dibayarkan. Oleh karena sifatnya yang fixed tersebut, semakin besar beban bunga yang dibayarkan semakin besar financial risk perusahaan, dan sebaliknya.

Untuk memperkecil risiko keuangan, perusahaan bisa menggunakan sumber modal alternatif (bukan hutang) yang tidak berkewajiban tetap. Salah satunya adalah dengan menggali sumber dari para pemodal melalui penyertaan modal dalam bentuk sero (saham). Dengan cara ini, perusahaan dapat mengembangkan konsep bagi-hasil (yang biasanya diistilahkan dengan pembagian dividen) dengan para pesero ini. Konsep ini akan mengalihkan fixed financing cost menjadi variable financing cost. Dengan kata lain, perusahaan akan hanya diwajibkan membayarkan dividen (bagi-hasil) yang jumlah bervariasi ketika perusahaan mendapatkan keuntungan saja. Pada kondisi dimana perusahaan mengalami kerugian, perusahaan tidak berkewajiban untuk membagikan dividen ini. Alhasil, kewajiban perusahan bergerak seiring dengan kemampuan perusahaan dan thus perusahaan cenderung memiliki financial risk yang lebih rendah.

2 responses to this post.

  1. Posted by Enggar Puspita on Maret 31, 2011 at 10:06 pm

    apakah benar high risk itu high return?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: