Serba-Serbi Analisis Titik Impas (1)

Analisis titik impas bisa dikatakan menu wajib dalam suatu rencana bisnis. Analisis ini memberikan informasi tentang tingkat aktivitas yang tidak memberikan keuntungan dan kerugian. Ada tiga komponen (suku) yang penting dalam perhitungan (analisis) titik impas ini, yaitu biaya tetap, harga per unit komoditas, dan biaya variabel per unit produk. Secara matematis, titik impas ditentukan dengan formula berikut:

Titik impas = biaya tetap / (harga per unit – biaya variabel)

Misalnya, ada sebuah usaha memiliki biaya tetap Rp 1.000.000 per bulan, menjual produknya seharga Rp 5.000 per unit, dan memiliki biaya variabel per unit  sebesar Rp 3.000. Data tersebut menginformasikan bahwa titik impas perusahaan ini adalah:

Titik impas = 1.000.000 / (5.000 – 3.000) = 5.000 unit.

Angka titik impas tersebut bermakna bahwa agar perusahaan tidak merugi dan tidak mendapatkan keuntungan perusahaan harus menjual 5.000 unit produk per bulannya. Jika perusahaan menjual produknya dibawah 5.000 unit, maka perusahaan tersebut akan merugi. Sebaliknya, jika perusahaan menjual produknya diatas titik impas tersebut, perusahaan akan meraup keuntungan.

Angka titik impas juga menginformasikan seberapa “berat” suatu perusahaan bisa bertahan. Jika menurut perkiraan volume penjualan diperkirakan “hanya” 4.000 unit per bulan, perusahaan ini sedang menghadapi tantangan berat . Dengan kata lain, perusahaan harus melakukan upaya tambahan untuk bisa mencapai tambahan penjualan 1.000 unit agar titik impas tercapai. Sebaliknya, jika perusahaan ini diprediksi mampu normalnya menjual 7.000 unit per bulan, perusahaan ini dapat dikatakan aman dari ancaman kerugian. Artinya, pada tingkat upaya yang normal saja perusahaan ini akan mendapatkan keuntungan.

Lalu, apakah ada strategi khusus untuk bisa menurunkan titik impas ini agar usaha tidak “berat” dalam mempertahankan diri ? Jelas ada. Ikuti tulisan berikutnya. Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: