Serba-Serbi Analisis Titik Impas (2)

Masih ingat formula menggunakan titik impas ? Kalau lupa, silah merujuk pada tulisan sebelumnya (jilid 1). Formula tersebut memberikan pelajaran tentang bagaimana titik impas bisa diturunkan (atau mungkin dinaikkan, meskipun tidak populer). Berdasarkan formula tersebut, ada tiga cara untuk bisa menurunkan titik impas, yaitu:

a.       Turunkan biaya tetapnya. Dalam formulasi, biaya tetap adalah pembilang dari titik impas. Oleh karenanya, titik impas bisa diturunkan jika pembilang (baca: biaya tetap) diturunkan, ceteris paribus (atau komponen lain dianggap tetap).

b.      Naikkan harga per unit. Kenaikan harga ini akan menyebabkan penyebut dalam formula akan meningkat sehingga titik impas akan menurun, ceteris paribus.

c.       Turunkan biaya variabelnya. Penurunan biaya variabel akan menyebabkan penyebut dalam formula akan meningkat sehingga titik impas akan menurun, ceteris paribus.

Alternatif cara tersebut bersifat matematis. Aplikasi dari alternatif cara tersebut harus diterjemahkan dalam bentuk tindakan bisnis yang riil. Barangkali, tindakan bisnis yang riil ini tidak semudah melogikakan otak-atik komponen tersebut secara matematis. Bagaimana tindakan bisnis riil ini bisa dirumuskan akan diilustrasikan pada tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: