Hipotesis Penelitian: Apakah Wajib ?

Pertanyaan ini sering muncul dari forum seminar proposal skripsi. Seolah-olah, pertanyaan ini menyangsikan keabsahan dari suatu penelitian. Seolah-olah, ada yang hambar dalam suatu penelitian (skrispsi) kalau hipotesis penelitian tidak tertuang dalam proposal skripsi.

Perlu atau tidaknya hipotesis penelitian pada suatu skripsi sangat bergantung dari jenis skripsi tersebut. Jika skripsi tersebut dimaksudkan untuk memverifikasi atau membuktikan suatu teori, maka hipotesis penelitian itu wajib ada dalam skripsi tersebut.  Dalam hal ini, hipotesis diturunkan dari teori yang akan diverifikasi atau dibuktikan. Misalkan, seorang peneliti ingin menganalisis apakah struktur pasar pada industri kopi biji di Indonesia. Berdasarkan teori tentang struktur pasar, ia merumuskan hipotesis bahwa pasar kopi biji di Indonesia berstruktur persaingan sempurna (karena dalam pasar kopi biji ada banyak penjual (produsen) dan pembeli kopi biji. Sebagai contoh lagi, seorang peneliti mengkaji apakah purchasing power parity theory yang menjelaskan pergerakan valuta asing berlaku. Penelitian ini memiliki hipotesis penelitian bahwa semakin besar disparitas inflasi pada dua negara semakin terdepresiasi suatu mata uang.

Pada kasus dimana riset yang akan dilakukan adalah riset aplikatif (applied research) atau riset eksplorasi (exploratory research), hipotesis penelitian tidak diperlukan dalam hal ini. Dalam kasus ini, si peneliti tidak memverifikasi teori tertentu tetapi justru dia ingin menemukan atau mengeskplorasi fenomena tertentu dari obyek yang dia teliti. Karena temuan dalam penelitian tersebut tidak terkait dengan teori tertentu, hipotesis penelitian dengan demikian tidak diperlukan dalam riset tersebut. Berikut ini adalah contoh topik penelitian yang tidak memerlukan hipotesis:

a.        Karakteristik managerial dari usaha pada agroindustri perikanan di Kabupaten Jember

b.       Strategi Pengembangan UMKM di Kabupaten Jember.

Mudah-mudahan sekarang kita sebagai seorang peneliti bisa memastikan apakah riset (skripsi) kita memerlukan hipotesis penelitian atau tidak.

One response to this post.

  1. Everyone loves it whenever people come together and share thoughts.
    Great blog, continue the good work!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: