Asahansiana: Hasil Laut Kerang Bulu

Selain hasil perkebunan kelapa sawit dan karet, Kabupaten Asahan terkenal dengan hasil laut kerang bulu. Hasil laut ini merupakan kekhasan kabupaten ini. Simbol pemerintah kabupaten, sebelum wilayah ini dimekarkan menjadi tiga pemerintah daerah, dan simbol Universitas Asahan mencantumkan gambar cangkang kerang bulu ini. Orang setempat mengatakan kerang bulu berbeda dengan kerang batu (yang tidak berbulu) yang banyak ditemui di pantai lain, khususnya di pulau Jawa.
Meskipun klaim bahwa kerang ini adalah khas Asahan, kalau kita ingin menikmati kerang ini perjalanan sekitar 20 km harus dilakukan. Kerang ini banyak ditemui di Kota Tanjungbalai justru. Secara kewilayahan, Kota Tanjungbalai adalah ibukota Kabupaten Asahan sebelum pemekaran wilayah. Sekarang ini, Kabupaten Asahan telah dimekarkan menjadi tiga wilayah, yaitu Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, dan Kabupaten Batubara. Sepertinya, pemekaran wilayah ini tidak menyebabkan klaim kerang sebagai hasil laut khas Asahan tidak mudah diubah.
Cara makan kerang bulu ini bisa dikatakan mengasyikkan. Kerang beserta cangkangnya direbus hingga matang. Beberapa kerang terbuka cangkangnya setelah direbus. Nah, untuk kerang semacam ini, kita tinggal ambil daging kerang dan mencolekkannya pada sambal sebelum memakannya. Beberapa kerang lainnya tidak terbuka cangkanya setelah direbus. Untuk yang satu ini, pangkal sendok makan bisa digunakan untuk mencongkel cangkang untuk bisa mengambil daging kerang. Dalam suatu acara keluarga, kerang dalam wadah yang cukup besar disajikan dan dinikmati oleh beberapa orang yang duduk melingkar.
Sayangnya, ikon ini tidak dikembangkan secara maksimal oleh masyarakat dan penguasa daerah. Sejauh ini, kerang ini tidak diolah sebagai penganan yang memiliki daur hidup yang lebih lama. Upaya untuk melakukan pengolahan lebih lanjut terhadap hasil kerang bulu menjadi penganan yang lebih awet belum kelihatan menonjol. Barangkali, ekseperimentasi yang disponsori oleh pemerintah daerah bisa dilakukan untuk mendorong inovasi produk sehingga kerang bulu sebagai ikon daerah Asahan ini bisa dipertahankan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: