Ladang Amal Bulan Juli

Bulan Juli adalah bulan pertama tahun ajaran. Pada bulan ini, siswa mengawali kelas baru. Ada multiplier effect dari kegiatan masuk sekolah di tahun ajaran baru, seperti belanja buku baru, belanja seragam baru, belanja sepatu, belanja alat tulis. Bagi orang tua, kegiatan belanja ini adalah pengeluaran keluarga. Sederhananya, bulan juli adalah bulan biaya pendidikan.

Sepintas, bulan ini bagi keluarga yang mempunyai dua atau lebih anak usia sekolah bisa merupakan beban hidup keluarga. Tapi, pandangan ini tidak benar dari sudut ajaran Islam. Justru, semua pengeluaran yang terjadi untuk keluarga adalah ladang untuk bersedekah.

Berkaitan dengan sedekah untuk keluarga ini, Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
“Seseorang apabila menafkahi keluarganya dengan mengharapkan pahalanya maka dia mendapatkan pahala sedekah.” ( HR. al-Bukhari dan Muslim).
“Ada empat dinar; Satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau berikan untuk memerdekakan budak, satu dinar engkau infakkan fi sabilillah, satu dinar engkau belanjakan untuk keluargamu. Dinar yang paling utama adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR. Muslim).

Nah, meluruskan niat agar semua pengeluaran untuk keluarga adalah sedekah akan menggeser penilaian terhadap pengeluaran biaya pendidikan. Kita yang diberikan kemampuan untuk mengubah hati dan pikiran harus berhijrah pada sabda Rasulullah SAW tersebut. Ini akan meringankan beban hidup kita karena sedekah kita ini akan dikembalikan lagi oleh Allah SWT. Kalau sudah begitu, bulan Juli adalah ladang amal untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: