Bubble Economy

Release di Jawa Pos, Senin, 1 Agustus 2011, dalam halaman Ekonomi Bisnis diberitakan perihal dampak dari kemungkinan krisis utang Amerika Serikat (AS). Berita ini sangat mengedukasi karena tidak saja memberikan pencerahan teoretis tetapi juga praktis. Uraian dalam artikel berita tersebut sangat sarat dengan prediksi-prediksi yang berbasis teori dalam dunia nyata.

Singkatnya, ada empat dampak yang terjadi jika krisis utang AS terjadi (meskipun krisis utang ini tidak terjadi karena Kongres AS menyetujui ambang batas utang AS yang baru), yaitu (a) ekspor ke AS akan terganggu, (b) capital inflow yang deras ke negara berkembang, (c) penguatan mata uang asing (termasuk Rupiah) terhadap dollar AS, dan (d) ancaman sudden reversal. Secara sepintas, dampak tersebut tidak terlalu membahayakan bagi perekonomian Indonesia. Namun, tren ini dianggap sebagai suatu fenomena bubble economy untuk negeri kita, kecuali dampak (a).

Ekspor ke AS Akan Terganggu

Dampak ini merupakan konsekuensi karena kondisi ekonomi AS yang buruk jika krisis utang terjadi. Akibatnya, permintaan akan barang impor di AS akan melemah. Ini tentunya akan mempengaruhi kinerja ekspor negara sumber impor AS, termasuk Indonesia. Penurunan ini tidak saja terjadi selama krisis terjadi melainkan juga beberapa periode setelah krisis dinyatakan telah berakhir. Dampak ini bisa diatasi dengan cara melakukan diversifikasi negara tujuan ekspor sehingga pasar AS bukan merupakan pasar satu-satunya atau pasar utama bagi produk yang diekspor.

Capital Inflow yang Deras ke Negara Berkembang

Karena instrumen surat utang AS tidak lagi menarik, capital inflow akan bergerak ke negara-negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia. Sampai level ini, persoalan bagi perekonomian tidak tampak karena derasnya capital inflow akan menyebabkan surplus pada neraca modal Indonesia. Yang perlu dicermati adalah apakah capital inflow ini bersifat jangka pendek atau jangka panjang.  Jika capital inflow ini bersifat jangka pendek, perekonomian nasional akan dihantui oleh kemungkinan ditariknya hot money ini. Hal ini berarti bahwa di kemudian hari neraca modal Indonesia akan mengalami defisit.

Jika capital inflow bersifat jangka panjang, perekonomian nasional akan diuntungkan. Dalam kondisi ini, arus capital tidak mengalir ke instrumen investasi jangka pendek tetapi ke instrumen jangka panjang, seperti investasi di sektor riil dan barang modal. Jika hal ini yang terjadi, ada potensi untuk peningkatan produksi di dalam negeri sebagai dampak dari investasi jangka panjang ini.

Penguatan Mata Uang Asing (Termasuk Rupiah) Terhadap Dollar AS

Dampak penguatan Rupiah secara empiris dan teoretis memang terjadi. Salah satu penyebab dari penguatan ini adalah karena arus capital inflow yang terjadi. Stok cadangan valuta asing yang relatif banyak mendorong terjadinya apresiasi Rupiah terhadap dollar AS. Hal serupa juga terjadi pada pasar saham di Indonesia. IHSG terindikasi meningkat secara konsisten pada beberapa minggu terakhir.

Yang perlu dicermati adalah dampak dari dampak ini. Apresiasi Rupiah bisa mengakibatkan daya saing ekspor nasional akan melemah dan mendorong terjadinya peningkatan impor di Indonesia. Langkah antisipasi menuju promosi ekspor dan peningkatan produksi untuk mengatasi impor perlu dilakukan dalam konteks ini.

Ancaman Sudden Reversal

Ancaman sudden reversal (penarikan tiba-tiba) merupakan konsekuensi dari capital inflow yang bersifat jangka pendek. Beberapa waktu lalu, kebijakan Bank Indonesia telah mengubah term SBI yang berjangka kurang dari satu bulan dalam rangka untuk menghindari sudden reversal. Tapi, kebijakan ini tidak menjangkau seluruh instrumen atau obyek investasi yang ada. Kebijakan ini tidak dapat mengendalikan dinamika di pasar saham. Dengan demikian, ancaman sudden reversal ini sangat riil dan mungkin terjadi.

Fenomena ini mengakibatkan bubble economy untuk perekonomian Indonesia. Bubble ini bisa sewaktu bisa meledak dan berakibat untuk buruk pada perekonomian nasional. Pengamat mengatakan bahwa bubble economiy ini merupakan perubahan yang bersifat tidak alamiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: