Membaca dari Belakang

Pada umumnya, kegiatan membaca suatu pustaka (buku teks) yang ditulis dengan huruf latin diawali dari halaman-halaman awal (depan). Tidak ada yang salah dengan cara ini. Tetapi cara ini bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan atau memahami konsep yang dibahas dalam buku teks tersebut. Cara lain adalah justru sebaliknya memulai membaca dari belakang. Berikut ini detailnya.

Menuju pada indeks

Bagian belakang buku teks yang dimaksud adalah bagian indeks. Pada buku-buku teks yang standar, indeks ini dapat terbagi menjadi dua macam, yaitu indeks nama dan indeks istilah. Indeks nama berisi nama penulis atau pengarang yang disebut dalam buku teks sedangkan indeks istilah berisi jargon atau istilah yang ada dalam buku teks.

Indeks istilah merupakan bagian yang dapat membantu atau memudahkan pembaca untuk to the point pada kebutuhan informasi tertentu. Indeks istilah ini mempersingkat waktu pembaca untuk penelusuran istilah dalam suatu buku teks.

Anatomi Indeks Istilah

Indeks istilah disusun menurut urutan abjad (seperti pada kamus bahasa). Indeks istilah bisa berupa main index (indeks utama/induk) dan sub-index (indeks sub/anak). Di sisi sebelah kanan indeks tertulis nomor halaman dimana istilah tersebut dapat ditemui dalam buku teks. Sebagai illustrasi, seorang pembelajar ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan masalah transformasi dalam kaitannya dengan bentuk variabel dalam analisis data. Dia merujuk pada indeks istilah pada bagian akhir buku teks yang dibacanya dan menuju pada kelompok T (untuk mencari kata transformasi). Tampilan berikut ini, sebagai misal yang akan ditemui oleh si pembelajar tersebut.

Transformation, 131, 173-175

double log, 131, 174

polynomial, 175

reciprocal, 174

semilogarithmic, 173-174

(Main index ditulis pada tepi kiri sedangkan sub-index diketikkan menjorok (indent) beberapa karakter dari main index.)

Jika si pembelajar ini ingin mengetahui  apa yang dimaksud dengan double log transformation, dia bisa langsung menuju ke halaman 131 dan/atau 174. Jika dia ingin mengetahui semilogarithmic transformation, dia bisa membuka halaman 173 hingga 174.

Nah, dengan memulai dari belakang buku teks, seseorang dapat secara cepat dan singkat menemukan dimana lokasi istilah yang dicarinya berada. dengan demikian, dalam waktu yang relatif cepat dan singkat, pemahaman terhadap suatu istilah dapat diperoleh. silahkan dicoba.

4 responses to this post.

  1. Posted by NUR HIDAYAT (program MM) on Oktober 15, 2012 at 8:45 pm

    Pak sekalian dibahas satu topik khusus tentang ” Speed reading” karena untuk menyusun tesis atau skripsi, kami tentunya harus membaca banyak bahan bacaan. Jadi bagaimana membaca cepat tanpa mengurangi pemahaman terhadap isi sebuah buku. Terima kasih …..

    Balas

    • thanks pak. tapi saya belum pernah tahu speed reading. kalau teknik scanning dan skimming, saya pernah dengar. kalau mau paham ya, jangan baca cepat-cepat pak. anyway, membaca dari belakang itu juga cara membaca cepat juga.

      Balas

  2. salam.
    info yang menarik mas, tp di sini yang mau sy tanyakan adalah, ketika kita (misalnya) merujuk pada daftar indeks pada halaman tertentu, otomatis halaman tersebut juga memiliki kaitan dengan halaman-halaman sebelumnya. nah apakah ini sama saja dengan kita membaca secara [seluruhnya] untuk mengerti istilah yang kita rujuk tersebut??
    mohon penjelasannya.
    trima kasih.

    Balas

    • ya, bisa jadi begitu. tetapi, kalau penulisnya memilih nomor halaman yang tepat, pembaca tidak perlu berlama-lama untuk memahami konsep dalam indeks istilah. indeks istilah membantu untuk mempercepat pembaca untuk menemukan lokasi (halaman) yang tepat untuk memahami istilah. setelah itu, membaca pelan sehingga istilah tersebut dipahami adalah pekerjaan membaca berikutnya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: