Seputar BBM: Percikan Ide Kreatif

Dokumentasi kedua saya seputar BBM adalah ide Dahlan Iskan tentang mobil nasional Putra Petir. Ide ini bisa jadi adalah ide lama, semasa beliau sebagai direktur PLN. Tetapi ide ini seolah di-refresh untuk di-floor-kan lagi pada timing yang  tepat. Timing relaunching  ide ini tepat bukan pada saat mobil Esemka dari anak bangsa di Solo gagal dalam uji emisi tetapi pada saat heboh akan dinaikkannya harga BBM di negeri kita karena harga dunia meningkat.

Pak Dahlan Iskan melontarkan ide ini sebagai jalan keluar terbaik dari himpitan kenaikan harga migas. Beliau yakin bahwa mobil listrik akan menjadi solusi untuk memerangi musuh bersama, yakni kenaikan harga BBM. Secara sederhana, kita memang bisa menangkap bahwa dengan mobil listrik ini konsumsi BBM masyarakat Indonesia bisa ditekan  melalui konversi BBM ke listrik sebagai sumber energi kendaraan bermotor (mobil).

Menurut hemat saya, ide ini bukan ide yang gampang. Ide ini membutuhkan sinergi potensi dari seluruh komponen bangsa. Sepintas saya membaca di surat kabar, Mendikbud mendukung upaya untuk merealisasikan hal ini. Ini suatu kemajuan luar biasa. Namun, yang tidak boleh dilupakan adalah ide ini harus secara teknis  dan ekonomis dapat diterima oleh pasar (konsumen). Kalau tidak bisa dikomersialisasi dan tidak bisa terjangkau, ide ini akan menjadi mercusuar baru.

Diluar itu semua, saya juga mencatat bahwa ide pak Dahlan ini juga mengajarkan kepada kita semua bagaimana berpikir kreatif inovatif. Beliau mengajarkan untuk tidak berkeluh kesah perihal kenaikan harga BBM. Beliau mengajarkan agar kita berpikir untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Beliau menunjukkan bagaimana menjadi seorang government entrepreneur. Sekaligus, dari sisi yang berbeda, beliau mengajarkan bagaimana rakyat Indonesia menjadi good citizen entrepreneur (ini istilah yang saya buat sendiri yang sekedar otak-atik matuk).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: